HISTORIA

PERUBAHAN STIKes BPM MENJADI STIKes TARUMANAGARA

 

Visi, misi, tujuan dan sasaran institusi mengalami perubahan yang signifikan sehubungan dengan proses alih kelola Institusi  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Permata Medika (dengan 3 Program Studi; S1 Keperawatan, D-IV Bidan Pendidik dan DIII Perekam dan Informatika Kesehatan) dari Yayasan Nur Soraya ke Yayasan Tarumanagara.

Telah disetujui dan disahkan melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No.177/KPT/I/2018 Tentang Pengalihan Pengelolaan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Permata Medika di Tangerang dari Yayasan Nur Soraya kepada Yayasan Tarumanagara.

Dalam proses alih kelola terjadi beberapa perubahan secara fundamental, baik menyangkut pengelola, wilayah kopertis, dan perubahan nama Institusi. Dengan perubahan alamat/domisili institusi dari Jl. Kutai Raya I Perumnas III Tangerang ke Jl. TB Simatupang & Jl. Cilandak KKO. No.1. Jakarta Selatan, sehingga Wilayah Kopertis yang semula dari Kopertis Wilayah IV berpindah ke Kopertis Wilayah III, nama STIKES Bina Permata Medika menjadi STIKes Tarumanagara yang disahkan melalui SK No. 320/KPT/I/2018 Tanggal 2 April 2018

Perihal Perubahan Nama dan Lokasi STIKes Bina Permata Medika menjadi STIKes Tarumanagara.

Yayasan Tarumanagara pada tahun 2016 telah merintis dan menggagas Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tarumanagara dengan beberapa program studi (S1 Farmasi, S1 Ilmu Gizi, D4 Tehnologi Radiologi, D4 Tehnologi Laboratorium Medik, D-III Administrasi Rumah Sakit dan D-III Fisiotherapi) dengan keinginan mewujudkan sebuah institusi kesehatan yang berkualitas dan berkelas internasional, dalam perjalanan Yayasan Tarumanagara menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk melahirkan sebuah tatanan sekolah tinggi kesehatan yang berstandar Internasional dan turut mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya bidang kesehatan.

Bersamaan dengan usaha merintis STIKes Tarumangara, Yayasan Tarumanagara menginisiasi kerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Bina Permata Medika untuk turut membantu STIKes Bina Permata Medika dalam mengelola program studi yang ada (S1 Keperawatan, D4 Bidan Pendidik dan DIII Perekam dan Informatika Kesehatan), dimana kerjasama tersebut pada awalnya adalah kerjasama dalam bentuk lahan praktik mahasiswa di RS Royal Taruma, agar mahasiswa STIKes Bina Permata Medika dapat melakukan praktik di RS Royal Taruma dengan Bimbingan Para Pakar dan ahli di bidangnya yang merupakan SDM yang dimiliki Yayasan Tarumanagara.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerjasama antara STIKES Bina Permata Medika dengan Rumah Sakit Royal Taruma tentang Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan di rumah Sakit Royal Taruma pada tanggal 6 September 2016.

Atas beberapa pertimbangan dalam perjalanannya, Yayasan Tarumanagara dan Yayasan Nur Soraya, akhirnya sepakat untuk melakukan alih kelola. Dan pada tanggal 16 Februari 2017 melalui akte notaris Kiki Hertanto SH No. 5, Tentang Pengalihan Hak Kelola, kedua belah pihak sepakat untuk melakukan alih kelola STIKes Bina Permata Medika.  Yayasan Tarumanagara dengan beberapa upaya sesuai peraturan yang berlaku secara resmi mendapatkan hak kelola atas STIKes Bina Permata Medika menjadi STIKes Tarumanagara dengan 3 Program Studi (S1 Farmasi, S1 Keperawatan, D-III Perekam dan Informatika Kesehatan), Program studi D4 Bidan Pendidik dengan berbagai pertimbangan tidak dilanjutkan. Saat ini secara sah telah di kelola oleh Yayasan Tarumanagara dengan nama STIKes Tarumanagara dengan 3 Program Studi S1 Farmasi, S1 Keperawatan dan D-III Perekam dan Informatika Kesehatan.

Perubahan tersebut menimbulkan dampak yang cukup signifikan di semua tatanan institusi, demikian juga visi, misi, tujuan dan sasaran strategis institusi. Perubahan yang terjadi diarahkan dan didesain merujuk pada visi, misi dan tujuan Yayasan Tarumanagara. Rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran strategis disusun melalui tahapan-tahapan yang melibatkan unsur Yayasan, organisasi Profesi, stakeholder, calon pendayaguna lulusan.

Berpedoman pada visi dan misi, tujuan dan sasaran strategis dirancang sedemikian jelas menggambarkan komitmen, konsistensi dan kepastian kendali bagi seluruh civitas akademika SekolahTinggi Ilmu Kesehatan Tarumanagara dalam mewujudkan penyelenggaraan pendidikan tinggi agar lulusannya memenuhi standar kualitas nasional maupun global. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tarumanagara bertekad membangun komitmen yang tinggi untuk terus memonitoring dan mengevaluasi pencapaian sasaran mutu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tarumanagara dalam rangka mewujudkan visi, misi dan tujuan institusi.

© 2019 STIKes TARUMANAGARA - Tarumanagara School of Health Sciences